Tau gak kalau koleksi film di Netflix itu ternyata beda di tiap negara, kenapa bisa gitu? Karena Netflix membeli lisensi film berdasarkan region atau negara, gak jarang juga Netflix harus nego keras dengan juragan filmnya supaya bisa tayang di seluruh regionnya.

Contohnya aja Transformers The Last Knight itu cuma ada di region Canada dan Russia, contoh lainnya Thor Ragnarok saat ini baru tersedia di Amerika dan Canada. Nah kalau kamu ada di Indonesia sudah dipastikan gak bakal bisa menikmati film tersebut. Lalu gimana caranya supaya bisa menikmati? Gampang, tinggal berlangganan VPN.

Pertanyaan berikutnya, gimana tau sebuah film tayang di region tertentu? Jawabannya ada di uNoGS sebuah platform berbasis web dimana kamu bisa mencari database film di Netflix di seluruh region dengan sangat lengkap, caranya gampang banget. Tinggal buka halamanĀ https://unogs.com/ lalu masukkan judul film yang mau dicari. Setelah itu ya tinggal konekin VPN, rekomendasi saya pakai Express VPN, ini terbukti paling ngebut dibandingkan yang lain. Agak mahal sih, tapi ya kualitas dan harga senantiasa setia berdampingan kan. Dan selanjutnya siapin jagung dan kacang rebus deh!